Pemasaran produk di era digital

cara membuat produk digital

Pemasaran produk di era digital-Bila profit merupakan tujuan utama dalam bisnis digital, maka mengetahui cara menjual/memasarkan produk digital boleh dibilang merupakan salah satu pengetahuan kunci. Tidak harus mengeluarkan dana yang fantastis, dengan metode gratisan pun Anda sudah bisa mulai menjual produk digital. Gimana caranya?

Bagaimana Pemasaran produk di era digital?

         1. Metode gratisan

Lazimnya untuk permulaan seseorang tak berani mengaplikasikan cara berbayar untuk mempromosikan produk digitalnya. Sehingga digunakanlah metode gratisan. Salah satu cara yang bisa diaplikasikan yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Tentunya tak bisa sembarangan juga promosi di media sosial ini. Teman/friendlist atau follower kita sepatutnya tertarget. Karena kita akan memasarkan produk kita lewat postingan yang akan dipandang oleh friendlist kita. Jadi boleh dibilang friendlist kita yaitu calon konsumen kita.

Metode gratisan kedua merupakan dengan menerapkan blog. Metode ini juga diketahui sebagai content marketing. Yaitu memasarkan produk melewati konten yang kita sajikan di dalam blog. Kelebihan sistem ini adalah calon konsumen kita tidak merasa dijuali. Hal ini akan meningkatkan konversi. Saya sendiri menggunakan metode ini. Silakan lihat figur content marketing disini.

         2. Metode berbayar

Metode ini sangat banyak diterapkan oleh para digital marketer untuk memasarkan produknya. Namun mengaplikasikan metode ini mesti memiliki fundamental dan mindset yang baik terlebih dahulu. Karena resiko boncos dapat mengintai Anda. Kelebihan cara ini adalah mempunyai jangkauan yang lebih luas diperbandingkan cara organik.

  • Facebook Ads

Facebook Ads boleh dibilang merupakan “prospecting ads”. Karena sifatnya menawarkan produk kepada orang yang kira – kira berpotensi membeli. Prinsip targetingnya ialah dengan mentarget menurut demografi, interest, ataupun kebiasaan orang – orang yang masuk dalam customer persona kita.

  • Google Ads

Google Ads ini terdiri dari 2 ragam. Yaitu google ads search dan google ads display. Google ads search bekerja berdasarkan keyword yang diaplikasikan dalam mesin pencarian. Jadi prinsip risetnya berdasarkan keyword apa yang paling banyak diketikkan dalam mesin pencari google. Boleh dibilang orang – orang yang terjaring dalam google ads search ialah warm market sebab memang orang yang datang ke product page kita memang orang yang memerlukan produk kita.

Yang kedua yaitu google ads display.  Prinsip google ads display memiliki sistem kerja yang mirip dengan facebook ads. Yaitu prospecting ads. Berbeda dengan google ads search, google ads display mengaplikasikan gambar dan video untuk menarik calon konsumen untuk meng-klik iklan kita yang pada akhirnya akan membawa mereka ke product page kita.  Menggunakan metode ini memerlukan keterampilan dalam hal riset keyword dan targeting calon konsumen.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan produk digital akan kian meningkat.  Menjadi alternatif Anda berharap menjadi penonton atau pemain. Di Indonesia sendiri belum banyak pemain di bisnis digital. Pastikan Anda menjadi salah satunya. Seandainya Anda berkeinginan mempunyai produk digital tanpa wajib bikin sendiri, silakan klik gambar di bawah untuk solusi praktisnya–Pemasaran produk di era digital

membuat produk digtal